Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Anda Harus Tahu!

Posted on

Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Anda Harus Tahu!

Manfaat kopi untuk kesehatan adalah topik yang telah banyak dibahas dan diteliti. Kopi, minuman yang berasal dari biji kopi yang disangrai dan diseduh, memiliki kandungan nutrisi yang kaya, termasuk antioksidan, kafein, dan berbagai senyawa bioaktif lainnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Antioksidan dalam kopi membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan kinerja fisik dan membantu mengurangi peradangan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa konsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan ketergantungan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi kopi secukupnya dan menghindari konsumsi kopi pada waktu-waktu tertentu, seperti sebelum tidur.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kopi, minuman yang berasal dari biji kopi yang disangrai dan diseduh, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 9 manfaat kopi untuk kesehatan:

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Mengurangi risiko beberapa jenis kanker
  • Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi
  • Meningkatkan kinerja fisik
  • Mengurangi peradangan
  • Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara dapat memberikan manfaat kesehatan yang disebutkan di atas. Antioksidan dalam kopi membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan kinerja fisik dan membantu mengurangi peradangan.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke, merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Kopi telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan beberapa cara:

  • Kopi dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah dan penyempitan pembuluh darah.
  • Kopi dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.
  • Kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular hingga 20%. Studi lain menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena stroke sebesar 14% dan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner sebesar 6% dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting. Dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kopi dapat membantu orang hidup lebih lama dan lebih sehat.

Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan. Kopi telah terbukti dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan beberapa cara:

  • Meningkatkan sensitivitas insulin

    Insulin adalah hormon yang membantu sel-sel tubuh mengambil gula dari darah. Kopi dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel-sel tubuh dapat mengambil lebih banyak gula dari darah dan menurunkan kadar gula darah.

  • Mengurangi produksi glukosa oleh hati

    Hati adalah organ yang memproduksi glukosa, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Kopi dapat mengurangi produksi glukosa oleh hati, sehingga menurunkan kadar gula darah.

  • Menghambat penyerapan glukosa di usus

    Kopi dapat menghambat penyerapan glukosa di usus, sehingga mengurangi jumlah gula yang masuk ke dalam darah.

  • Meningkatkan kadar antioksidan

    Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pankreas, organ yang memproduksi insulin.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 hingga 23%. Studi lain menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 sebesar 17% dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Mengurangi risiko diabetes tipe 2 merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting. Dengan mengurangi risiko diabetes tipe 2, kopi dapat membantu orang hidup lebih lama dan lebih sehat.

Mengurangi risiko beberapa jenis kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Beberapa jenis kanker, seperti kanker hati, kanker usus besar, dan kanker prostat, telah terbukti terkait dengan konsumsi kopi yang lebih rendah. Kopi mengandung antioksidan dan senyawa lain yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan DNA, yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kopi dapat membantu mengurangi peradangan, yang juga merupakan faktor risiko kanker.

See also  Temukan Manfaat Air Sirih untuk Mata yang Jarang Diketahui

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti:

  • Kanker hati: Risiko kanker hati dapat berkurang hingga 40% pada orang yang minum kopi secara teratur.
  • Kanker usus besar: Risiko kanker usus besar dapat berkurang hingga 15% pada orang yang minum kopi secara teratur.
  • Kanker prostat: Risiko kanker prostat dapat berkurang hingga 20% pada orang yang minum kopi secara teratur.

Mengurangi risiko beberapa jenis kanker merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting. Dengan mengurangi risiko kanker, kopi dapat membantu orang hidup lebih lama dan lebih sehat.

Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi

Kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi dengan cara memblokir reseptor adenosin di otak. Adenosin adalah neurotransmitter yang menyebabkan rasa kantuk. Dengan memblokir reseptor adenosin, kafein dalam kopi dapat meningkatkan pelepasan neurotransmitter lain, seperti dopamin dan norepinefrin, yang meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Kemampuan kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi telah terbukti dalam berbagai penelitian. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi 200 mg kafein (sekitar dua cangkir kopi) dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja kognitif pada orang yang kurang tidur.

Studi lain menemukan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan memori pada orang tua. Kopi juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting. Dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, kopi dapat membantu orang untuk fokus pada tugas-tugas penting, meningkatkan kinerja kognitif, dan mencapai tujuan mereka.

Meningkatkan kinerja fisik

Kopi dapat meningkatkan kinerja fisik dengan beberapa cara. Pertama, kafein dalam kopi dapat meningkatkan pelepasan asam lemak dari jaringan lemak, yang dapat digunakan sebagai energi oleh otot. Kedua, kafein dapat meningkatkan kontraksi otot, sehingga meningkatkan kekuatan dan daya tahan. Ketiga, kafein dapat mengurangi persepsi kelelahan, sehingga orang dapat berolahraga lebih lama dan lebih keras.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat meningkatkan kinerja fisik pada berbagai aktivitas, seperti lari, bersepeda, dan angkat beban. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi kafein 3 mg/kg berat badan (sekitar dua cangkir kopi) satu jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan waktu hingga kelelahan sebesar 12% pada pelari.

Studi lain menemukan bahwa konsumsi kafein 6 mg/kg berat badan (sekitar empat cangkir kopi) satu jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan daya tahan sebesar 20% pada pengendara sepeda.

Meningkatkan kinerja fisik merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang penting. Dengan meningkatkan kinerja fisik, kopi dapat membantu orang meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Kopi telah terbukti dapat mengurangi peradangan melalui beberapa cara:

  • Menghambat produksi sitokin pro-inflamasi

    Kopi mengandung antioksidan dan senyawa lain yang dapat menghambat produksi sitokin pro-inflamasi, seperti interleukin-6 (IL-6) dan tumor necrosis factor-alpha (TNF-). Sitokin-sitokin ini berperan penting dalam peradangan kronis.

  • Meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi

    Kopi juga dapat meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi, seperti interleukin-10 (IL-10). IL-10 membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Menghambat aktivitas jalur pensinyalan inflamasi

    Kopi mengandung senyawa yang dapat menghambat aktivitas jalur pensinyalan inflamasi, seperti jalur NF-B. Jalur NF-B berperan penting dalam regulasi peradangan.

  • Meningkatkan kadar antioksidan

    Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan kronis.

Dengan mengurangi peradangan, kopi dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis. Hal ini merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting.

Melindungi Sel-Sel dari Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan DNA. Kerusakan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit neurodegeneratif. Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Antioksidan dalam kopi

    Kopi mengandung berbagai antioksidan, termasuk asam klorogenat, asam kafeat, dan quercetin. Antioksidan ini dapat menetralisir radikal bebas dan mencegahnya merusak sel-sel.

  • Meningkatkan kadar enzim antioksidan

    Kopi juga dapat meningkatkan kadar enzim antioksidan dalam tubuh. Enzim-enzim ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Mengurangi peradangan

    Peradangan kronis dapat menyebabkan kerusakan sel. Kopi mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

  • Meningkatkan kesehatan otak

    Otak sangat rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan dalam kopi dapat membantu melindungi otak dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

See also  Manfaat Kunyit Asam untuk Wanita, Temukan Rahasia Tersembunyinya

Dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, kopi dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Hal ini merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang paling penting.

Meningkatkan suasana hati

Kopi telah terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi. Kafein juga dapat meningkatkan pelepasan dopamin, neurotransmitter yang terlibat dalam perasaan senang dan penghargaan.
  • Kopi mengandung antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Antioksidan ini juga dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang terlibat dalam suasana hati dan tidur.
  • Kopi mengandung senyawa anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di otak. Peradangan di otak telah dikaitkan dengan depresi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko depresi. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko depresi sebesar 20% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Meningkatkan suasana hati merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang penting. Dengan meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi, kopi dapat membantu orang untuk hidup lebih bahagia dan lebih sehat.

Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Penyakit Parkinson dan Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif dan motorik. Kedua penyakit ini merupakan penyebab utama kecacatan dan kematian di seluruh dunia.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer. Hal ini diduga karena kopi mengandung kafein dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi. Kafein juga dapat meningkatkan pelepasan dopamin, neurotransmitter yang terlibat dalam fungsi motorik dan kognitif. Dopamin berperan penting dalam penyakit Parkinson, dan penurunan kadar dopamin di otak merupakan salah satu penyebab utama gejala penyakit Parkinson.

Antioksidan dalam kopi dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan DNA. Kerusakan ini dapat menyebabkan peradangan dan kematian sel, yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit neurodegeneratif.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson hingga 30%. Studi lain menemukan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer hingga 65%.

Mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer merupakan salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang penting. Dengan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, kopi dapat membantu orang untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai bukti ilmiah mendukung manfaat kopi untuk kesehatan. Studi observasional telah menemukan hubungan antara konsumsi kopi secara teratur dan penurunan risiko penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Salah satu studi kasus yang paling terkenal tentang manfaat kopi untuk kesehatan adalah Studi Kesehatan Perawat. Studi ini, yang dimulai pada tahun 1976, telah melacak kesehatan lebih dari 100.000 perawat selama beberapa dekade. Studi ini menemukan bahwa perawat yang minum kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit Parkinson dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Studi kasus lain yang mendukung manfaat kopi untuk kesehatan adalah Studi Jantung Framingham. Studi ini, yang dimulai pada tahun 1948, telah melacak kesehatan lebih dari 5.000 orang selama beberapa dekade. Studi ini menemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Meskipun bukti ilmiah tentang manfaat kopi untuk kesehatan sangat meyakinkan, penting untuk dicatat bahwa masih ada beberapa perdebatan mengenai masalah ini. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa konsumsi kopi secara berlebihan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit tertentu, seperti kecemasan dan insomnia. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi kopi secukupnya dan menghindari konsumsi kopi pada waktu-waktu tertentu, seperti sebelum tidur.

See also  Temukan Manfaat Mantra Bhaisajyaguru yang Jarang Diketahui

Secara keseluruhan, bukti ilmiah tentang manfaat kopi untuk kesehatan sangat meyakinkan. Konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis yang paling umum.

Transition to the article’s FAQs

Tanya Jawab tentang Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat kopi untuk kesehatan:

Pertanyaan 1: Apakah kopi benar-benar bermanfaat bagi kesehatan?

Jawaban: Ya, banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Kopi mengandung antioksidan, kafein, dan senyawa bioaktif lainnya yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Pertanyaan 2: Berapa banyak kopi yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?

Jawaban: Jumlah kopi yang optimal untuk kesehatan bervariasi tergantung individu. Namun, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 3-5 cangkir kopi per hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang maksimal. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan ketergantungan.

Pertanyaan 3: Apakah semua jenis kopi memberikan manfaat kesehatan yang sama?

Jawaban: Tidak semua jenis kopi memberikan manfaat kesehatan yang sama. Kopi hitam tanpa pemanis adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi. Kopi dengan tambahan gula, susu, atau krim dapat mengurangi manfaat kesehatan kopi dan bahkan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Pertanyaan 4: Apakah kopi aman untuk semua orang?

Jawaban: Tidak, kopi tidak aman untuk semua orang. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau kecemasan, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi. Kopi juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan anak-anak.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara terbaik untuk menikmati kopi?

Jawaban: Cara terbaik untuk menikmati kopi adalah dengan meminumnya tanpa pemanis. Anda juga dapat menambahkan sedikit susu atau krim jika diinginkan. Hindari menambahkan gula ke kopi Anda, karena gula dapat mengurangi manfaat kesehatan kopi dan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Pertanyaan 6: Apakah ada cara lain untuk mendapatkan manfaat kopi tanpa meminumnya?

Jawaban: Ya, ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat kopi tanpa meminumnya. Anda dapat mengonsumsi ekstrak kopi dalam bentuk kapsul atau tablet. Anda juga dapat menggunakan bubuk kopi sebagai masker wajah atau scrub tubuh.

Kesimpulan:

Kopi adalah minuman yang menyehatkan dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Transition to the article’s next section

Tips Mendapatkan Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan secara maksimal:

Tip 1: Minum kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam tanpa gula adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi. Gula dapat mengurangi manfaat kesehatan kopi dan bahkan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Tip 2: Konsumsi kopi secukupnya

Konsumsi 3-5 cangkir kopi per hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang maksimal. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan ketergantungan.

Tip 3: Pilih jenis kopi yang tepat

Tidak semua jenis kopi memberikan manfaat kesehatan yang sama. Kopi Arabika umumnya mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan kopi Robusta. Kopi organik juga dapat menjadi pilihan yang lebih sehat karena bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya.

Tip 4: Minum kopi pada waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk minum kopi adalah di pagi hari atau siang hari. Hindari minum kopi sebelum tidur, karena dapat mengganggu tidur.

Tip 5: Konsultasikan dengan dokter

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau kecemasan, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat kesehatan dari kopi. Konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Kopi juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, meningkatkan kinerja fisik, mengurangi peradangan, melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Namun, penting untuk mengonsumsi kopi secukupnya dan tidak berlebihan, karena konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan ketergantungan. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Youtube Video:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *